Bagaimana Cara pengambilan Keputusan Bersama dalam Musyawarah? Materi PPKn

By Thea Arnaiz, Rabu, 5 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Kunci jawaban materi PPKn kelas 8 SMP, Kurikulum Merdeka, cara-cara mengambil keputusan dalam musyawarah untuk menyelesaikan permasalahan. (Tima Miroshnichenko/pexels)

 

Bobo.id - Nilai-nilai luhur dari Sumpah Pemuda harus teman-teman amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuannya agar kita selalu mengingat semangat meraih kemerdekaan dan menjaga nilai-nilai luhur tersebut.

Karena dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari permasalahan yang melibatkan masyarakat dan butuh penyelesaiannya segera.

Lalu, bagaimana cara mengambil keputusan bersama dalam musyawarah tanpa menyingkirkan nilai-nilai luhur Sumpah Pemuda, ya?

Pembahasan ini ada dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka, Bab 4: Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda.

Tepatnya materi Nilai-Nilai Luhur dalam Sumpah Pemuda pada halaman 96. Nantinya kita akan mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya.

Namun, sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu. 

Nilai-nilai luhur dari Sumpah Pemuda yang tidak boleh dilupakan adalah persatuan, rela berkorban, cinta tanah air dan bangsa, semangat persaudaraan, mengutamakan kepentingan bangsa, menerima dan menghargai perbedaan, serta semangat gotong royong dan kerja sama.

Permasalahan dalam masyarakat biasanya diselesaikan dalam musyawarah agar hasilnya adil.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Baca Juga: Berbagai Keuntungan Melakukan Musyawarah, Materi Kelas 3 SD Tema 3