Dijuluki Bangunan Tertinggi di Dunia, Berapa Ketinggian Gedung Burj Khalifa?

By Grace Eirin, Sabtu, 29 Oktober 2022 | 09:00 WIB
Uni Emirat Arab punya bangunan tinggi nomor satu di dunia, yaitu Gedung Burj Khalifa. (Aleksandar Pasaric/pexels)

Bobo.id - Dalam kategori bangunan tertinggi, Uni Emirat Arab mempunyai bangunan tinggi yang ukuran tingginya nomor satu di dunia. 

Posisi dan julukan bangunan tertinggi di dunia dipegang oleh Gedung Burj Khalifa. Memangnya berapa ketinggian gedung ini hingga disebut paling tinggi di dunia? 

Yuk, cari tahu fakta-fakta menarik Gedung Burj Khalifa dari penjelasan berikut!

Tinggi Burj Khalifa

Dijuluki tertinggi di dunia, ketinggian Burj Khalifa mencapai 830 meter. Bangunan ini dibuat untuk menghormati presiden yang sudah menjabat dari tahun 2004 hingga kini.

Nama Burj Khalifa diberikan sebagai bentuk penghargaan pada presiden Uni Emirat Arab yaitu Sheikh Khalifa bin Zayid Al Nahyan.

Burj Khalifa dirancang oleh firma arsitektur Skidmore, Owings dan Merrill yang berbasis di Chicago.

Sedangkan arsitektur yang mengerjakan pembuatan gedung pencakar langit ini adalah Adrian Smith dan instruktur yang bekerja bersama, yaitu William F. Baker.

Menurut National Geographic, gedung yang dibuka pada tahun 2010 ini punya lebih dari 150 lantai, sehingga untuk sampai ke puncak, pengunjung harus menggunakan lift. 

Memecahkan rekor dunia untuk gedung tertinggi tidak cukup untuk Burj Khalifa. Menara raksasa itu juga mengukuhkan posisinya di Guinness World Records dengan lift tertinggi.

Tidak hanya tertinggi, lift di Burj Khalifa juga disebut tercepat di dunia, karena dapat mencapai lantai 125 hanya dalam waktu 70 detik!

Baca Juga: 10 Negara Tercerdas di Dunia Berdasarkan Skor IQ Tahun 2022, Indonesia di Urutan Berapa?