Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli, Lengkap dengan 10 Pilar Demokrasi Indonesia

By Thea Arnaiz, Senin, 24 Oktober 2022 | 08:15 WIB
Demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang ada ditangan rakyat, ketahui pengertiannya menurut para ahli. (Anna Shvets/pexels)

Bobo.id - Bentuk pemerintahan demokrasi awalnya berasal dari negara Yunani Kuno, tepatnya di Kota Athena pada 507 Sebelum Masehi.

Adanya demokrasi, membuat seluruh warga kota yang sudah cukup umur dapat berdiskusi dan menentukan pilihan atas hukum yang akan diberlakukan di Kota Athena.

Demokrasi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu ‘demos’ berarti manusia dan ‘kratos’ berarti pemerintah.

Lalu, jika digabungkan menjadi ‘demokratia’ yang berarti pemerintahan rakyat. Berikut, pengertian demokrasi menurut para ahli 

Demokrasi Menurut Para Ahli 

Aristoteles 

Demokrasi adalah suatu kebebasan, karena hanya melalui kebebasanlah setiap warga negara bisa saling berbagi kekuasaan di dalam negaranya. 

Joseph A. Schemer 

Demokrasi adalah suatu perencanaan institusional untuk mencapai keputusan politik di mana individu-individu memperoleh kekuasaan untuk memutuskan cara perjuangan kompetitif atas suara rakyat. 

Sidney Hook 

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana pengambilan keputusan pemerintah yang penting dilakukan secara langsung atau tidak langsung, berdasarkan kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat. 

Baca Juga: Apa Saja Indikator Suatu Negara Tergolong sebagai Negara Demokrasi Menurut Afan Gaffar?