Pubertas: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Menyikapinya, Materi Kelas 6 SD/MI

By Thea Arnaiz, Kamis, 13 Oktober 2022 | 10:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI, masa pubertas yang dialami semua orang karena termasuk proses pertumbuhan dan perkembangan manusia. (pressfoto/freepik)

Bobo.id - Masa pubertas dialami oleh semua orang, baik oleh anak laki-laki dan perempuan.

Karena, pubertas adalah tahapan alami pertumbuhan dan perkembangan manusia, dari anak-anak menjadi dewasa dengan melewati masa remaja terlebih dahulu.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan masa pubertas itu? 

Pembahasan tentang masa pubertas akan diketahui melalui pelajaran tematik kelas 6 SD/MI, Tema Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 1: Masyarakat Peduli Lingkungan.

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), materinya adalah Masa Puber, tepatnya halaman 15.

Namun, sebelum mengerjakan soal latihan dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu. 

Masa puber atau disebut juga dengan pubertas adalah masa terjadinya perubahan fisik dan mental pada anak laki-laki dan perempuan yang disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh.

Pubertas juga disebut sebagai masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa.

Pada masa ini, banyak perubahan-perubahan yang terjadi, baik secara perlahan maupun cepat.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya.  

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa Saja Perubahan yang Dirasakan Anak Laki-Laki dan Perempuan Saat Pubertas?