Bagaimana Proses Terjadinya Siklus Air? Materi IPAS Kelas 5 SD

By Thea Arnaiz, Jumat, 14 Oktober 2022 | 13:00 WIB
Kunci jawaban materi IPAS kelas 5 SD, Kurikulum Merdeka, mengetahui secara lengkap bagaimana siklus air itu tejadi. (freepik)

Bobo.id - Bagian Bumi bisa dibagi menjadi tiga, yaitu litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Pada setiap bagian tersebut kita bisa menemukan bagian alam yang berbeda-beda.

Namun, saat ini teman-teman akan mempelajari tentang lapisan hidrosfer.

Pembahasan tentang bentuk permukaan Bumi akan dipelajari pada pelajaran Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 5 SD, Kurikulum Merdeka Bab IV: Berkenalan dengan Bumi Kita.

Tepatnya topik Mengapa Bentuk Permukaan bumi Berubah-ubah? halaman 115.

Nantinya, kita akan mengerjakan soal latihan dan mencari tahu apa kunci jawabannya, namun sebelumnya simak dulu materinya berikut ini. 

Lapisan hidrosfer adalah lapisan air yang menyelimuti kerak bumi. Permukaan Bumi ditutupi oleh lapisan air dan menjadi sumber kehidupan makhluk hidup di Bumi.

Karena hidro atau air baik yang ada di sungai, danau, dan laut dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, baik hewan, tumbuhan dan manusia.

Wilayah perairan tersebut termasuk dalam siklus air yang terus berputar untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Bagaimana proses terjadinya siklus air? 

Baca Juga: Kegiatan Manusia yang Dapat Memengaruhi Siklus Air, Materi Kelas 5 SD