Contoh-Contoh Hak dalam Lingkungan Sekolah, Materi Kelas 6 SD/MI

By Thea Arnaiz, Kamis, 20 Oktober 2022 | 07:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI, contoh-contoh hak yang bisa didapatkan peserta didik di lingkungan sekolah. (Ron Lach/pexels)

 

Bobo.id - Setiap orang pasti memunyai hak selain harus melakukan kewajiban.

Bahkan, setiap manusia yang lahir sudah mempunyai haknya sendiri, yaitu hak asasi manusia.

Oleh karena itu, kita harus menghargai hak setiap orang tanpa mengganggunya. Lalu, apa pengertian hak dan contohnya dalam lingkungan sekolah, ya?

Pembahasan tentang hak akan diketahui melalui pelajaran tematik kelas 6 SD/MI, Tema Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 2: Membangun Masyarakat Sejahtera.

Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, materinya adalah Makna Hak, tepatnya halaman 38.

Namun, sebelum mengerjakan soal latihan dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Setelah melakukan kewajiban kita pasti bisa memperoleh hak. Secara umum, hak adalah apa yang kita dapatkan dan bisa digunakan secara bebas serta mutlak.

Namun, hak yang dilakukan tidak boleh melanggar undang-undang dan peraturan negara untuk menjaga ketertiban warga negara.

Jadi, untuk mendapatkan hak kita harus melakukan sesuatu terlebih dahulu dengan penuh tanggung jawab baik di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku.

Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya? Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya.

Baca Juga: 10 Link Twibbon Hak Asasi Binatang, Dirayakan Setiap 15 Oktober