Bisa Dijadikan Pengganti Pembersih Kimia, Apa Itu Eco Enzyme? #AkuBacaAkuTahu

By Thea Arnaiz, Rabu, 19 Oktober 2022 | 15:30 WIB
Pengertian eco-enzyme, manfaat, dan bagaimana cara membuatnya untuk dijadikan cairan serba guna. (SHVETS/pexels)

Bobo.id - Pernah mendengar eco enzyme? Eco enzyme atau ekoenzim adalah produk yang dihasilkan dari sampah organik dan punya banyak manfaat.

Eco enzyme ditemukan oleh Dr. Rosukon Poompanvong pada tahun 2003, yaitu seorang pendiri Asosiasi Pertanian Organik dari Thailand.

Sampah organik yang ada di sekitar kita jika tidak diolah dengan benar, maka bisa membentuk gas metana, yaitu gas yang memicu efek rumah kaca.

Oleh karena itu, agar lebih bermanfaat sampah organik diolah menjadi eco enzyme yang jauh lebih bermanfaat bagi manusia.

Agar lebih tahu tentang eco enzyme, teman-teman bisa menyimak pembahasannya seperti berikut. Yuk, simak! 

Apa Itu Eco Enyzme? 

Eco enzyme adalah proses mengolah sampah organik menjadi produk cairan serbaguna setelah sampah organik kita fermentasi.

Cairan eco enzyme bisa teman-teman manfaatkan sebagai cairan pel, pembersih dapur, insektisida, hingga pupuk tanaman, lo.

Sebab, cairan eco enzym mengandung etanol dan asam asetat alami yang bersifat desinfektan, hasil dari fermentasi sampah organik, seperti kulit buah atau sisa sayuran.

Untuk itu, proses eco enzyme berguna untuk mengurangi volume sampah organik dan melestarikan lingkungan.

Bahkan, sampah organik yang dibiarkan menumpuk dan membusuk akan menghasilkan gas metana yang meningkatkan efek rumah kaca. 

Baca Juga: Tidak Disangka, Seseorang Anak Anjing Ini Ditemukan di Dekat Pembuangan