5 Contoh Upaya untuk Mempertahankan Kemerdekaan di Lingkungan Sekolah, Materi Kelas 6 SD/MI

By Thea Arnaiz, Kamis, 20 Oktober 2022 | 10:15 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI, upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia di lingkungan sekolah. (Pavel Danilyuk/pexels)

 

Bobo.id - Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia bisa dilakukan siapa saja termasuk pelajar.

Sebab, kemerdekaan dan persatuan Indonesia tidak hanya berhenti pada masa perjuangan merebut kemerdekaan dari penjajah.

Dengan begitu, Indonesia tidak kalah dan dapat bersaing dengan negara lain.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan pelajar untuk mempertahankan kemerdekaan?

Pembahasan tentang upaya mempertahankan kemerdekaan akan diketahui melalui pelajaran tematik kelas 6 SD/MI, Tema Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 2: Membangun Masyarakat Sejahtera.

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), materinya adalah Upaya Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, tepatnya halaman 39.

Namun, sebelum mengerjakan soal latihan dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Sebagai warga negara yang baik, kita harus menghargai jasa dan perjuangan para pahlawan yang sudah merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

Oleh karena itu, sebagai generasi muda kita perlu turut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan berbagai macam cara.

Misalnya, menggunakan produk dalam negeri, mendukung budaya Indonesia, mendukung atlet Indonesia yang bertanding, hingga mengembangkan diri melalui pendidikan agar bisa meningkatkan sumber daya manusia dalam negeri.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Baca Juga: 4 Periode Perkembangan Demokrasi di Indonesia, dari Awal Kemerdekaan Hingga Sekarang