Proses Penyusunan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Tokoh yang Terlibat

By Amirul Nisa, Senin, 24 Oktober 2022 | 11:45 WIB
Proses penyusunan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia, serta berbagai tokoh yang terlibat di dalamnya. (Via Kemendikbud)

Bobo.id - Teman-teman tentu sudah tidak asing dengan isi dari teks proklamasi kemerdekaan Indonesia, yang pada materi PPKn kurikulum merdeka kelas VII SMP, akan dipelajari lebih jauh.

Pada materi pembelajaraan ini, teman-teman bukan hanya akan belajar tentang isi teks proklamasi, melainkan juga tentang proses penyusunan teks proklamasi.

Teks proklamasi kemerdekaan adalah hal yang penting dan selalu dibacakan pada saat peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Pada mulanya teks proklamasi kemerdekaan yang sudah dipersiapkan adalah naskah Piagam Jakarta, namun ada beberapa perubahan yang terjadi hingga jadilah teks proklamasi kemerdekaan yang sekarang ini.

Dibuat oleh beberapa tokoh penting, berikut akan dijelaskan proses penyususnan teks proklamasi kemerdekaan.

Proses Penyusunan Teks Proklamasi

Pross penyusunan teks prokmalasi diawali dengan diculiknya dua tokoh penting, yaitu Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta diculik oleh kelompok pemuda yang kemudian dibawa ke Rengasdengklok.

Penculikan pada 16 Agustus 1945 itu dilakukan untuk memaksa kedua tokoh tersebut segera melakukan proklamasi kemerdekaan.

Atas desakan itu, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta kembali ke Jakarta dan berkumpul di rumah seorang laksamana angkatan laut Jepang, yaitu Tadashi Maeda.

Di tempat itulah teks proklamasi kemerdekaan dibuat. Saat proses dibuatnya, Ir. Soekarno bertanya pada para tokoh tentang isi dari Piagam Jakarta yang semulanya sudah disipakan sebagai teks proklamasi kemerdekaan.

Namun, panjangnya isi Piagam Jakarta membuat berbagai tokoh di tempat tesebut tidak banyak yang mengingatnya.

Baca Juga: Susunan Acara Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945