Contoh Soal dan Pembahasan Kedudukan, Fungsi, dan Arti Pancasila

By Thea Arnaiz, Selasa, 25 Oktober 2022 | 13:00 WIB
Contoh soal dan pembahasan kedudukan, fungsi, arti Pancasila, materi kelas 8 SMP, Kurikulum Merdeka. (Tima Miroshnichenko/pexels)

Bobo.id - Pancasila dirumuskan oleh Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) yang melakukan sidang pada 29 Mei-1 Juni 1945.

Sedangkan, Pancasila sah diresmikan sebagai dasar negara pada 18 Agustus 1945.

Oleh karena itu, setiap 1 Juni teman-teman akan memperingati Hari Lahir Pancasila, agar terus mengingat Pancasila sebagai gagasan para pendiri negara dalam mewujudkan cita-cita bangsa setelah kemerdekaan.

Pembahasan tentang Pancasila akan diketahui dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka.

Nantinya kita akan mengerjakan contoh soal dan pembahasan, untuk menemukan kunci jawabannya.

Namun, sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Pancasila penting bagi warga negara Indonesia karena menjadi pedoman bangsa untuk bertingkah laku, baik dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat sesuai Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Kelima sila itu adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya.  

1. Kenapa Pancasila sebagai dasar negara menjadi pedoman dalam penyelenggaraan negara Indonesia? 

Baca Juga: Perkembangan Demokrasi di Indonesia, Mulai dari Demokrasi Parlementer hingga Demokrasi Pancasila