6 Contoh Peristiwa Mengembun dalam Kehidupan Sehari-hari

By Thea Arnaiz, Selasa, 25 Oktober 2022 | 19:00 WIB
Terbentuknya embun atau tetesan air pada tumbuhan pada pagi hari juga termasuk peristiwa mengembun dalam kehidupan sehari-hari. ()

Bobo.id - Tahukah teman-teman apa itu peristiwa mengembun? Mengembun adalah salah satu peristiwa perubahan wujud dari gas ke cair.

Selain mengembun ada juga perubahan wujud menguap, mencair, menyublim, mengkristal, dan membeku.

Lalu, bagaimana contohnya peristiwa mengembun dalam kehidupan sehari-hari, ya? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut, yuk! 

Contoh Peristiwa Mengembun dalam Kehidupan Sehari-hari 

1. Terbentuknya Embun di Pagi Hari 

Ketika teman-teman terbangun pada pagi hari sekali, kita bisa melihat embun. Embun adalah contoh peristiwa perubahan wujud mengembun dalam kehidupan sehari-hari.

Embun bisa terjadi jika udara di lingkungan sekitar mengandung uap air. Makin banyak kandungan uap airnya, maka makin lembap udara di sekitarnya.

Apalagi, suhu malam dan pagi hari cenderung lebih dingin, sehingga menyebabkan uap air yang tertahan di udara mengalami pengembunan atau kondensasi dan menghasilkan kabut tetesan air di dedaunan. 

2. Terbentuknya Awan 

Ternyata, terbentuknya awan juga termasuk perubahan wujud benda dengan cara mengembun, lo.

Awan bisa terbentuk di atmosfer karena air yang ada di permukaan bumi menguap dan udaranya naik ke atas hingga mendingin di atmosfer.

Baca Juga: Mencari Arti Kosakata tentang Embun dari Pembelajaran 4, Materi Kelas 3 SD Tema 3