Komunikasi Data Ponsel: Pengertian, Cara Kerja, dan Kekuatan Sinyal

By Niken Bestari, Minggu, 30 Oktober 2022 | 10:15 WIB
Berikut ini adalah penjelasan komunikasi data pada ponsel yang kita gunakan sehari-hari. Bagaimana cara kerjanya? (Freepik)

Bobo.id - Salah satu fungsi perangkat ponsel adalah memudahkan kita untuk berhubungan dengan orang lain.

Melalui fitur telepon, pesan singkat, hingga aplikasi chat yang menggunakan internet, semuanya memudahkan kita untuk berkomunikasi.

Namun, semua fitur ponsel tidak akan berjalan baik tanpa adanya komunikasi data pada ponsel. Apakah komunikasi data pada ponsel yang sangat penting fungsinya ini? Yuk, kita pelajari di artikel ini.

Pengertian dan Cara Kerja Komunikasi Data pada Ponsel

Komunikasi data merupakan sebuah mekanisme pengiriman dan penerimaan data dari satu perangkat ke perangkat lain.

Komunikasi dengan ponsel, mulai mengirim pesan atau SMS (short message system), panggilan suara, koneksi internet, maupun mentransfer dokumen, ada mekanisme komunikasi data yang terjadi antara ponsel pengirim dan ponsel penerima.

Untuk dapat digunakan sebagai alat komunikasi, ponsel memerlukan suatu elemen jaringan seluler yang berperan penting sebagai pemancar dan penerima sinyal dari ponsel, yaitu BTS (Base Transceiver Station).

BTS adalah suatu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan komputer. Dalam satu kota atau wilayah, terdapat banyak BTS. 

Ponsel akan dilayani oleh BTS yang ada di sekitarnya, terutama yang paling dekat jaraknya.

Pelayanan ini akan berpindah secara otomatis, ketika ponsel sedang bergerak dari wilayah layanan BTS yang satu ke wilayah layanan BTS yang lain.

Itu sebabnya dalam bahasa Inggris, ponsel disebut mobile phone. Dalam keseharian kita, BTS ini biasanya disebut dengan tower pemancar sinyal. 

Baca Juga: Diaktifkan saat Naik Pesawat, Apa Manfaat dan Dampak Negatif Fitur Mode Pesawat di HP?