Beda dengan Halloween, Ini Fakta Unik Perayaan Dia de los Muertos di Film Coco

By Yussy Maulia, Senin, 31 Oktober 2022 | 17:21 WIB
Film Coco (2017). (Dok. Pixar)

Bobo.ID – Apakah teman-teman pernah menonton film Coco (2017)? Film animasi buatan Disney dan Pixar Animation Studios tersebut memang punya cerita yang menarik dan penuh warna, ya.

Lewat film tersebut, teman-teman juga bisa melihat gambaran kehidupan masyarakat dan budaya di Meksiko. Salah satu budaya yang disorot adalah sebuah perayaan meriah untuk mengenang anggota keluarga yang sudah meninggal dunia.

Dalam perayaan tersebut, orang-orang mengenakan riasan dan kostum seperti tengkorak. Hal ini yang membuat banyak penonton menganggap kalau perayaan itu adalah Halloween versi masyarakat Meksiko.

Meski sekilas mirip, ternyata perayaan yang digambarkan dalam film Coco bukan Halloween, melainkan Día de los Muertos.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu 'Trick or Treat', Tradisi yang Dilakukan saat Perayaan Halloween

Halloween dan Día de los Muertos memang sama-sama dirayakan setiap 31 Oktober, teman-teman. Akan tetapi, keduanya punya beberapa perbedaan, baik dari sisi sejarah maupun cara perayaannya.

Halloween sendiri dipercaya sebagai momen ketika para roh jahat mengunjungi Bumi. Makanya, pada malam perayaan Halloween, orang-orang sengaja mengenakan kostum dan riasan yang menyeramkan agar terhindar dari gangguan roh jahat.

Sedangkan Día de los Muertos merupakan bentuk penghormatan terhadap anggota keluarga atau kerabat yang sudah meninggal dunia. Perayaan ini digelar selama tiga hari berturut-turut, mulai dari 31 Oktober sampai 2 November.

Festival perayaan Dia de Los Muertos dalam film Coco. ()

Dirayakan dengan penuh sukacita

Menurut laman History, Día de los Muertos dalam bahasa Spanyol berarti Hari Kematian. Walaupun disebut Hari Kematian, Día de los Muertos justru dirayakan dengan penuh sukacita, lho.

Baca Juga: 6 Tradisi Unik Perayaan Halloween di Berbagai Negara, Ada Parade Hingga Pesta Kostum