Bagaimana Pengaruh Geografis Indonesia terhadap Keanekaragaman Hayatinya? Materi IPAS Kelas 5 SD

By Thea Arnaiz, Jumat, 4 November 2022 | 12:30 WIB
Kunci jawaban materi IPAS kelas 5 SD, Kurikulum Merdeka, inilah pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap keanekaragaman hayatinya. (mali maeder/pexels)

Bobo.id - Kondisi geografis adalah kondisi suatu wilayah berdasarkan letaknya, luas, bentuk permukaan bumi, dan titik koordinatnya di peta.

Setiap negara mempunyai kondisi geografis yang berbeda-beda dan memengaruhi kebudayaan, transportasi, mata pencaharian, hingga kekayaan flora dan faunanya.

Lalu, apa pengaruh geografis Indonesia terhadap keanekaragaman hayati atau floranya, ya?

Pembahasan tentang negara maritim dan agrasi akan dipelajari pada pelajaran Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 5 SD, Kurikulum Merdeka, Bab VI: Indonesiaku Kaya Raya.

Tepatnya topik Indonesiaku Kaya Hayatinya, halaman 170. Nantinya, kita akan mengerjakan soal latihan dan mencari tahu apa kunci jawabannya.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku.

Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya? Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Bagaimana pengaruh geografis Indonesia terhadap keanekaragaman hayatinya? 

Jawaban: 

Letak geografis Indonesia tepatnya ada di dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia dan dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Selain itu, kepulauan Indonesia terletak disepanjang garis khatulistiwa.

Baca Juga: Apa Saja Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat? Materi IPAS Kelas 5 SD