Wilayah di Indonesia yang Bisa Menyaksikan Gerhana Bulan Total 8 November 2022

By Grace Eirin, Selasa, 8 November 2022 | 19:16 WIB
Gerhana bulan total diperkirakan terlihat di Indonesia pada 8 November 2022. (Gaetan Othenin-Girard/Unsplash)

Bobo.id - Hari ini, tanggal 8 November 2022, mulai pukul 18.00 WIB, 19.00 WITA, atau 20.00 WIT, gerhana bulan total akan terlihat di Indonesia.

Gerhana bulan total adalah fenomena terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak seluruh cahaya bisa sampai ke permukaan Bulan.

Dilansir dari National Geographic, puncak gerhana bulan total dapat berlangsung selama satu jam 47 menit. 

Namun, gerhana bulan total malam ini memiliki durasi selama 1 jam, 24 menit, 58 detik dengan durasi umbral selama 3 jam, 39 menit, 50 detik.

Jika teman-teman ingin menyaksikan gerhana bulan total, maka kamu bisa melihat ke atas langit pada waktu-waktu tersebut. 

Dikutip dari Kompas.com, gerhana bulan total merupakan jenis gerhana yang aman dilihat langsung, tanpa bantuan alat khusus. 

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Dan Antariksa, Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) Emanuel Sungging Mumpungi mengatakan gerhana bulan total sama dengan purnama biasa.

Akan tetapi, karena posisinya sejajar dengan matahari dan bumi, cahaya bulan akan terhalangi bayangan. Artinya, tidak ada larangan khusus untuk melihat fenomena ini secara langsung. 

Lalu, dari wilayah mana saja kita dapat menyaksikan gerhana bulan total 8 November?

Wilayah Melihat Gerhana Bulan Total

1. Awal Penumbra (P1)

Baca Juga: Gerhana Bulan Total 8 November, Bagaimana Cara Melihatnya, Jam Berapa, dan Berapa Lama Bisa Disaksikan?