Apa Upaya yang Telah Dilakukan untuk Mengenalkan Batik Indonesia ke Dunia Internasional? Materi Kelas 6 SD/MI Tema 4

By Thea Arnaiz, Kamis, 10 November 2022 | 12:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/Mi tema 4, ketahui upaya yang sudah digunakan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional. (MaxPixel's contributors)

Bobo.id - Seperti yang teman-teman ketahui, batik sudah diakui oleh UNESCO pada tahun 2009 sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Menurut sejarah, batik sudah ada sejak zaman Majapahit di tahun 1293 sebagai pakaian para bangsawan dan terus berkembang hingga sekarang.

Saat ini, kota penghasil batik terbesar di Indonesia ada di Yogyakarta, Solo, Rembang, Cirebon, Pekalongan, Bali, Banjarmasin, dan kota-kota lain.

Bahkan, batik sudah dikenal oleh luar negeri karena kegiatan perdagangan internasional yang meningkat.

Lalu, apa upaya yang sudah dilakukan untuk mengenalkan batik ke dunia internasional, ya?

Sebelum mengetahui kunci jawabannya, simak pembahasan tentang batik yang dapat diketahui melalui pelajaran tematik kelas 6 SD/MI Tema 4, tepatnya halaman 39.

Namun, sebelumnya teman-teman bisa mencoba mengerjakan soalnya sendiri terlebih dahulu.

Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya? Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya.  

Apa upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional? 

Jawaban: 

Terkenalnya batik bisa membawa dampak positif pada pengusaha batik, masyarakat, dan pemerintah. Berikut, upaya mengenalkan batik ke dunia internasional, yaitu: 

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 3, Menyebutkan Motif-Motif Batik yang Ada di Nusantara