Kenapa Telapak Tangan Tiba-Tiba Basah dan Berkeringat? Ini Penyebabnya

By Grace Eirin, Jumat, 11 November 2022 | 18:00 WIB
Telapak tangan yang basah diakibatkan kelenjar keringat di tangan sedang aktif. (Juan Pablo Serrano Arenas/Pexels)

Bobo.id - Ketika merasa gerah karena suhu lingkungan sedang tinggi, kita akan berkeringat. 

Keringat keluar dari kulit melalui kelenjar keringat. Dalam kondisi normal, manusia dapat mengeluarkan sekitar dua cangkir atau 0,5 liter keringat setiap harinya.

Ketika tenang, tubuh akan menyerap semua keringat sebelum mencapai permukaan kulit. Sedangkan, ketika kita kepanasan, produksi keringat akan keluar lebih banyak. 

Namun, ada juga keringat yang keluar ketika kita merasa gugup atau cemas. Biasanya ditandai dengan telapak tangan yang basah. 

Nah, sebenarnya kenapa telapak tangan kita tiba-tiba basah dan berkeringat? Yuk, cari tahu!

Penyebab Telapak Tangan Basah 

Dilansir dari Alodokter.com, telapak tangan basah dan berkeringat disebabkan oleh kelenjar keringat di daerah tersebut yang menjadi lebih aktif dan sensitif.

Kulit memiliki kelenjar keringat sekitar 3 sampai 4 juta. Kelenjar tersebut tersebar pada kulit tangan, kaki, wajah dan ketiak. 

Kelenjar keringat ini terdapat di lapisan dermis kulit, yang tersusun atas otot penggerak rambut, saraf, kelenjar minyak, dan juga kelenjar keringat.

Ada dua jenis kelenjar keringat, yaitu kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin merupakan salah satu kelenjar keringat yang berada di permukaan kulit.

Kelenjar keringat ekrin terdapat pada kulit tangan dan kulit kaki. Dari kelenjar ekrin ini menghasilkan keringat yang encer dan tidak berbau.

Baca Juga: Tubuhnya Ditutupi Bulu, Bagaimana Anjing Mengeluarkan Keringat?