Apa Arti Konduksi, Konveksi, dan Radiasi? Ini Penjelasan dan Contohnya

By Grace Eirin, Sabtu, 12 November 2022 | 10:00 WIB
Daging yang dipanggang di atas api menyala termasuk contoh perpindahan kalor secara konveksi. (Min An/pexels)

Bobo.id - Suhu dan kalor merupakan dua hal yang saling berkaitan. Kalor membutuhkan suhu untuk dapat memberikan pengaruh kepada benda yang dikenainya. 

Menurut KBBI, kalor adalah tenaga panas yang dapat diteruskan ataupun diterima oleh satu benda ke benda lain. 

Umumnya kalor berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah, sehingga kalor bisa mempengaruhi benda yang mendapat energi dari benda lainnya.

Ada 3 cara perpindahan tenaga panas atau kalor, yaitu secara hantaran (konduksi), penyinaran (radiasi), atau aliran (konveksi).

Nah, pada pelajaran IPA kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Belajar, kamu harus menjelaskan apa arti dari konduksi, konveksi, dan radiasi.

Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini!

1. Konduksi

Konduksi adalah perpindahan panas melalui suatu bahan tanpa disertai dengan perpindahan partikel pada bahan tersebut. Konduksi sering dikenal dengan istilah hantaran panas. 

Setiap partikel dari benda padat, cair, dan gas berbeda-beda. Oleh sebab itu, kemampuan konduksi suatu benda juga berbeda. 

Bahan yang mampu menghantarkan panas dengan baik disebut konduktor. Sedangkan bahan yang menghantarkan panas dengan buruk disebut isolator. 

Contoh peristiwa konduksi dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut.

Baca Juga: Perbedaan Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan