Contoh Alat Musik Tradisional dari Indonesia bagian Timur, Materi Kelas 4 SD Tema 4

By Grace Eirin, Senin, 14 November 2022 | 13:00 WIB
Indonesia bagian timur terdiri dari Sulawesi, Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, dan Papua. (Asso Myron/Unsplash)

Bobo.id - Indonesia terdiri dari beragam daerah yang memiliki masing-masing kesenian daerah yang khas, seperti alat musik tradisional.

Di Indonesia, hampir setiap acara tradisi seperti upacara adat, pertunjukan kesenian daerah, hingga permainan tradisional menggunakan musik.

Kamu harus mengenali apa saja kesenian tradisional yang ada di daerahmu. Dengan begitu, kamu sudah menunjukkan kebanggaan terhadap Indonesia.

Alat musik tradisional merupakan salah satu contoh jenis keberagaman budaya. Setiap daerah memiliki alat musik tradisional yang berbeda satu dengan yang lainnya. 

Pada pelajaran tematik kelas 4 SD tema 4, kamu harus menyebutkan apa saja contoh alat musik tradisional dari Indonesia bagian timur?

Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini!

Alat Musik Tradisional dari Indonesia bagian Timur

Indonesia bagian timur terdiri dari Sulawesi, Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, dan Papua. Adapun contoh alat musik tradisional dari Indonesia timur. 

1. Triton

Apakah teman-teman pernah melihat triton? Triton adalah alat musik tradisional Papua yang bentuknya unik.

Bentuk dan rupa triton mirip dengan kerang, karena memang terbuat dari kulit kerang di pantai. Cara memainkan alat musik Papua ini cukup mudah, yakni dengan meniup satu sisi kulit kerang.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 4, Sebutkan Contoh Seni Kebudayaan Jawa!