Kenapa Obat Bius Membuat Kita Mengantuk dan Tidur Tanpa Mimpi?

By Grace Eirin, Selasa, 15 November 2022 | 18:15 WIB
Obat bius pada pasien operasi membuat otak kita tertidur. (Andrea Piacquadio/pexels)

Bobo.id - Ketika seseorang harus melakukan operasi medis, maka ia harus diberi obat bius terlebih dahulu agar tidak merasakan sakit. 

Pada prosedur operasi umum selain operasi melahirkan, biasanya pasien operasi akan mendapatkan dua macam obat bius, yaitu bius lokal dan bius total. 

Pada operasi besar, pasien akan diberi obat bius total agar benar-benar tidak sadarkan diri dan tertidur. 

Sedangkan bius lokal digunakan untuk tindakan medis minor atau operasi kecil, yang hanya akan membuat area tubuh yang dioperasi tidak bisa merasakan apapun. 

Nah, pertanyaannya, kenapa bius total dapat membuat kita mengantuk dan tertidur tidak sadarkan diri? Yuk, cari tahu!

Otak Tertidur Sementara

Dilansir dari hellosehat.com, setelah pasien operasi mendapatkan obat bius total, maka otak akan mulai tertidur hingga kita tidak sadarkan diri. 

Selama jalannya operasi, kita tidak merasakan apapun dan hanya tertidur dalam waktu yang tidak kita kira.

Pasien operasi merasa tindakan operasi hanya sebentar karena tertidur, padahal bisa jadi membutuhkan waktu hingga beberapa jam. 

Jennifer Kollman, MD, seorang direktur anestesi dari UC Health Memorial Hospital Central di Colorado menjelaskan bahwa obat bius memengaruhi bagian korteks serebral otak. 

Bagian korteks serebral pada otak berfungsi sebagai berpikir dan area batang otak yang terkait dengan kesadaran diri, teman-teman. 

Baca Juga: Sering Jadi Larangan, Benarkah Air Hujan Bisa Membuat Orang Menjadi Sakit?