Sudah Langka Tapi Ditemukan Lagi di Indonesia, Apa Itu Penyakit Polio?

By Thea Arnaiz, Senin, 21 November 2022 | 16:45 WIB
Apa itu polio yang rawan menginfeksi anak-anak dan balita? (Tima Miroshnichenko/pexels)

Bobo.id - Ada berbagai macam penyakit yang bisa mengancam kesehatan jiwa manusia, salah satunya polio.

Penyakit polio sempat menjadi wabah yang berbahaya bagi anak-anak, pada abad ke-20.

Oleh karena itu, tenaga kesehatan berusaha keras agar polio dapat dicegah, sehingga anak-anak dapat hidup lebih sehat.

Upaya penyembuhan polio pun berhasil sejak ditemukannya vaksin polio oleh Dr. Jonas Salk, seorang dokter Amerika Serikat.

Kemudian, pada tahun 1950 vaksinasi polio pun digencarkan di seluruh dunia, hingga penyakit polio saat ini mulai langka dan hampir tidak ditemukan lagi.

Tapi sayangnya, di Indonesia penyakit polio mulai ditemukan kembali di daerah Aceh pada 15 November 2022 hingga pemerintah menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) polio saat ini.

Sebenarnya apa sih penyakit polio, itu? Kenapa kita perlu khawatir? Untuk mengetahuinya simak informasi tentang polio menurut penjelasan berikut, yuk! 

Apa Itu Polio? 

Polio adalah penyakit yang disebabkan virus Poliomyelitis yang menyebabkan kelumpuhan dan kematian pada anak-anak atau balita.

Umumnya, polio tidak memperlihatkan gejala atau gejalanya ringan, sehingga tidak disadari hingga kondisinya makin memburuk.

Penyakit polio terbagi dalam tiga tipe, yaitu tipe 1, 2, dan 3. Polio tipe 2 dan 3 dipastikan sudah tidak ada lagi dan kecil kemungkinannya menginfeksi manusia.

Baca Juga: Penyakit Ini Sempat Mewabah di Zaman Dulu, tapi Kembali Merebak di Masa Modern, Salah Satunya Polio!