4 Tokoh Pendiri Negara dan Perannya dalam Peristiwa Proklamasi, Materi PPKn

By Amirul Nisa, Jumat, 25 November 2022 | 09:30 WIB
Penyampaian teks proklamasi kemerdekaan oleh Ir. Soekarno yang dihadiri banyak tokoh penting lain. (Indonesia Press Photo Service)

Bobo.id - Selama proses menuju hingga terjadinya proklamasi kemerdekaa, terdapat banyak tokoh pendiri negera yang memiliki peran besar.

Beberapa dikenalkan melalui materi PPKn kurikulum merdeka kelas VII SMP, seperti tokoh penting seperti Ir. Soekarno dan beberapa tokoh lainnya.

Teman-teman mungkin sudah tidak asing dengan peran sosok Ir Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta dalam proses proklamasi kemerdekaan.

Bahkan dua tokoh itu yang bertanda tangan pada teks proklamasi sebagai wakil dari bangsa Indonesia.

Tapi selain dua tokoh penting itu, ada beberapa tokoh lain yang juga memiliki peran dalam sebagai pendiri negara, lo.

Berikut kita akan berkenalan dengan empat tokoh yang memiliki peran tersendiri dalam proses perjuangan kemerdekaan hingga proklamasi kemerdekan terjadi.

1. Sam Ratulangi

Sam Ratulangi atau bernama lengkap Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi merupakan sosok kelahiran Tondano, Sulawesi Utara pada 5 November 1890.

Ia adalah seorang aktivis kemerdekaan Indonesia dari Sulawesi Utara yang turut menyaksikan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan.

Awalnya, Sam Ratulangi datang ke Jakarta dalam misi untuk mengikuti sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Namun, sebelum sidang itu dimulai Indonesia diwakili Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta justru menyatakan kemerdekaan melalui sebuah pernyataan proklamasi.

Baca Juga: Pedebatan antara Golongan Tua dan Golongan Muda dalam Persiapan Proklamasi, Materi PPKn