Pikiran Utama dan Informasi Penting dari Teks 'Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris', Cari Jawaban Kelas 5 SD

By Fransiska Viola Gina, Jumat, 9 Desember 2022 | 09:15 WIB
Pikiran utama dan informasi penting teks 'Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris'. (PIXABAY/QuangPraha)

Bobo.id - Pada buku tematik kelas 5 SD tema 5 subtema 1, kita diajak untuk membaca teks berjudul 'Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris'.

Dalam bacaan tersebut, kita akan mengetahui potensi Indonesia berdasarkan letak geografisnya, teman-teman. 

Letak geografis Indonesia memberikan keuntungan dari sektor maritim dan agraris, yakni dari bidang kelautan dan pertanian.

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki banyak potensi alam yang memberikan begitu banyak keuntungan bagi masyarakat Indonesia.

Kekayaan ini harus dijaga dan diolah dengan baik untuk memberikan manfaat yang merata pada semua penduduk Indonesia.

Salah satu menjaga kekayaan sumber daya alam adalah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar Indonesia selalu rukun dan damai.

Setelah membaca bacaan tersebut, kita akan diajak untuk menuliskan pikiran utama dan informasi pentingnya. 

Untuk lebih memahaminya dan bisa menjawabnya, kita baca terlebih dahulu teks berjudul 'Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris' ini, yuk!

Ayo Membaca!

Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris

Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Perhatikan dengan saksama peta Indonesia. Bentuk negara yang terdiri atas pulau-pulau seperti Indonesia, disebut negara kepulauan. Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim adalah negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas daratan yang terdiri atas pulau-pulau. Oleh karena itu, penduduk yang tinggal di negara maritim banyak memanfaatkan sumber daya kelautan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga: Menuliskan Pokok Pikiran dan Informasi Penting dari Teks 'Jenis-Jenis Ekosistem', Cari Jawaban Kelas 5 SD