Dikhawatirkan Terjadi Setelah Gempa, Bagaimana Proses dan Tanda Terjadinya Tsunami?

By Niken Bestari, Jumat, 9 Desember 2022 | 16:15 WIB
bagaimana proses terjadinya tsunami? Tsunami Termasuk bencana destruktif yang sering menjadi bencana susulan setelah gempa. (Freepik)

Bobo.id - Tsunami adalah salah satu bencana destruktif atau merusak yang sering dikhawatirkan terjadi setelah gempa.

Sebagai negara yang terletak di area Lingkaran Cincin Api Pasifik, Indonesia adalah negara yang sering dilanda gempa Bumi dan seringkali disusul dengan tsunami.

Sama seperti gempa Bumi, tsunami adalah bencana yang juga ditakuti, terutama oleh masyarakat yang tinggal di daerah pesisir.

Apa Itu Tsunami?

Tsunami adalah istilah yang berasal dari dua suku kata yaitu "tsu" yang berarti pelabuhan dan "nami" yang bermakna gelombang.

Sehingga istilah tsunami dianggap sebagai ombak besar yang terjadi di pelabuhan.

Fenomena tsunami juga digunakan untuk menyebut perpindahan air dari wilayah tengah laut ke arah bibir pantai yang terjadi secara tiba-tiba.

Fenomena perubahan pada permukaan air laut ini bisa terjadi karena beberapa faktor penyebabnya yang berkaitan dengan kondisi di bawah laut.

Misalnya gempa, longsor, hingga fenomena letusan gunung berapi yang ada di bawah laut.

Gelombang tsunami yang berpotensi menyapu daratan yang berbahaya bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lain yang tinggal di daratan.

Pasalnya gelombang tsunami bisa merambat ke segala arah dengan kekuatan yang bersifat tetap, baik ketinggian dan kecepatan gelombangnya, yaitu sekitar 500-1000 km/jam.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 6 Tanda Akan Terjadi Tsunami, Salah Satunya Air Laut Mendadak Surut