4 Contoh Manfaat Lembaga Keuangan bagi Masyarakat, Materi IPS

By Niken Bestari, Rabu, 14 Desember 2022 | 14:30 WIB
Apa saja manfaat lembaga keuangan bagi rakyat Indonesia? Kita pelajari 5 contoh manfaat lembaga keuangan bagi rakyat, yuk! (Freepik)

Bobo.id - Apa saja manfaat Lembaga Keuangan bagi masyarakat Indonesia?

Salah satu fungsi Lembaga Keuangan adalah membantu menjalankan roda perekonomian bangsa dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, teman-teman.

Sebelum kita membahas apa saja manfaat Lembaga Keuangan, kita pahami dulu pengertian dan jenis-jenis lembaga keuangan, yuk!

Dirangkum dari Gramedia.com, berdasarkan Undang-Undang, pengertian Lembaga Keuangan adalah badan usaha yang kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat dan disalurkannya kembali kepada masyarakat.

Sedangkan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Lembaga Keuangan adalah badan di bidang keuangan yang bertugas menarik uang dan menyalurkannya kepada masyarakat.

Jenis-Jenis Lembaga Keuangan

Ada dua jenis Lembaga Keuangan yang harus teman-teman ketahui, yakni.

1. Lembaga Keuangan Bank

Lembaga Keuangan Bank (depository financial institution) merupakan Lembaga Keuangan yang memberikan jasa dan fasilitas perbankan bagi masyarakat.

Contohnya adalah jasa penyimpanan, pembayaran, dan pemberian dana.

Lembaga Keuangan Bank bertindak sebagai lembaga perantara keuangan yang berdiri dengan landasan wewenang untuk menerima dan menghimpun simpanan uang, meminjamkan uang, serta menerbitkan catatan bank.

Baca Juga: Pengertian Koperasi: Tujuan, Prinsip, Jenis-Jenis, dan Contohnya