3 Jenis Sistem Stratifikasi Sosial: Sistem Kasta, Kelas, dan Meritokrasi, Materi IPS

By Fransiska Viola Gina, Kamis, 29 Desember 2022 | 10:00 WIB
Penjelasan tentang sistem stratifikasi sosial dalam masyarakat. (freepik/vectorjuice)

Bobo.id - Pada materi Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum Merdeka kelas 7 SMP, kita akan belajar tentang stratifikasi sosial dan sistemnya.

Stratifikasi dapat dikategorikan ke dalam dua jenis sistem stratifikasi sosial, yakni sistem tertutup dan sistem terbuka. 

Sistem tertutup mengakomodasi sedikit perubahan dalam posisi sosial. Sistem ini tidak mengizinkan orang untuk berpindah tingkatan. 

Tak hanya itu, dalam sistem tertutup juga tidak mengizinkan orang untuk memiliki hubungan sosial antarlevel. 

Sementara itu, sistem terbuka didasarkan pada pencapaian, sehingga memungkinkan perpindahan tingkat serta interaksi antarlapisan dan kelas. 

Sistem yang berbeda mencerminkan, menekankan, dan mendorong nilai-nilai budaya tertentu dan membentuk kepercayaan individu. 

Secara umum, sistem stratifikasi dibagi ke dalam sistem kasta, sistem kelas, dan sistem meritokrasi. Berikut ini penjelasannya.

1. Sistem Kasta

Sistem kasta adalah sistem stratifikasi tertutup karena status sosial yang dimiliki tidak dapat diubah sama sekali atau hanya dapat diubah sedikit.

Sistem kasta adalah sistem ketika orang-orang dilahirkan dalam status sosial mereka dan akan tetap berada di dalamnya sepanjang hidup mereka. 

Orang diberi pekerjaan terlepas dari bakat, minat atau potensi mereka. Hampir tidak ada peluang untuk meningkatkan posisi sosial seseorang.

Baca Juga: Diferensiasi Sosial: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Berbagai Bentuknya