Pemanasan Global: Pengertian, Penyebab, dan Dampaknya bagi Kehidupan

By Grace Eirin, Selasa, 3 Januari 2023 | 10:00 WIB
Pemanasan global terjadi karena gas rumah kaca dan karbon dioksida yang meningkatkan suhu permukaan Bumi. (pch.vector/freepik)

Bobo.id - Pemanasan global adalah salah satu masalah lingkungan yang menyebabkan dampak buruk bagi permukaan Bumi. 

Apakah teman-teman tahu apa yang dimaksud dengan pemanasan global?

Pemanasan global merupakan dampak perilaku manusia yang melakukan pembakaran bahan bakar fosil dan penebangan pohon secara liar. 

Pada pelajaran IPA kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Belajar, kita akan belajar mengenai apa itu pemanasan global, beserta penyebab dan akibatnya.

Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini!

Pengertian Pemanasan Global

Menurut Live Science, pemanasan global adalah kenaikan suhu rata-rata di seluruh dunia, yang telah berlangsung sejak tahun 1880. 

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mencatat antara tahun 1880 sampai 1980, suhu global meningkat 0,07 derajat Celsius per dekade. 

Ternyata menurut pencatatan NOAA, tahun 2016 lalu merupakan tahun terpanas dari tahun-tahun yang telah dilewati, lo, teman-teman. 

Seperti yang dijelaskan di atas, pemanasan global yang sering juga dikenal dengan sebutan global warming ini didefinisikan sebagai kenaikan suhu permukaan Bumi. 

Pemanasan global terjadi pada daerah atau cakupan yang luas dan global. Artinya, peningkatan suhu tersebut terjadi pada suatu planet, yaitu Bumi. 

Baca Juga: Apa Saja Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen di Sekitar Kita?