6 Fakta Unik Kucing Pasir, Hewan Pemburu Andal Bertubuh Mungil

By Niken Bestari, Rabu, 11 Januari 2023 | 18:45 WIB
Fakta unik kucing pasir atau sand cat. (Charles Barilleaux)

Bobo.id - Tahukah teman-teman hewan karnivor paling menggemaskan? Yup, hewan karnivor paling menggemaskan adalah kucing pasir atau sand cat.

Kucing pasir adalah nama yang diberikan pada sejenis kucing kecil yang hidup di daerah gurun dan padang pasir di Afrika dan Asia.

Mereka dikenal dengan nama ilmiah Felis margarita bertubuh yang kecil dan ramping, dengan bulu yang tebal dan berwarna cokelat kelabu atau abu-abu kelabu.

Mereka juga memiliki kaki yang panjang dan kuat yang membantu mereka untuk bergerak dengan mudah di daerah pasir. Berikut ini fakta menarik kucing pasir yang menggemaskan.

1. Hidup di Ekosistem Gurun

Fakta kucing pasir yang pertama berkaitan dengan habitatnya. Kucing liar yang menggemaskan ini bukan berasal dari Indonesia.

Dilansir dari Kidadl.com, kucing pasir tinggal di daerah gurun yang tersebar di kawasan utara Afrika, semenanjung Arab, serta kawasan tengah dan barat daya Asia.

Beberapa negara yang menjadi rumah sand cat termasuk Irak, Arab Saudi, Algeria, Israel, dan Yaman. Kucing pasir bisa bertahan hidup di tempat dengan curah hujan kurang dari 20 mm setahun.

Selain di gurun pasir, sand cat juga bisa hidup di kawasan yang kering dan bersemak. Wilayah edar atau tempat tinggalnya sangat luas, meliputi16 hingga 50 kilometer persegi.

2. Bertubuh Mungil

Melansir Britannica, dibandingkan kucing domestik atau beberapa ras kucing besar, kucing pasir memiliki badan yang lebih mungil dan kecil.

Baca Juga: Jangan Abaikan Kucing Sering Muntah, Bisa Jadi Cacingan! Ini 6 Ciri Kucing Cacingan dan Cara Mengobatinya