25 Pelaksanaan Tanggung Jawab Warga Negara dalam Kehidupan Sehari-hari, Kelas 6 Tema 6 Subtema 3

By Niken Bestari, Rabu, 18 Januari 2023 | 10:00 WIB
Apa saja contoh pelaksanaan tanggung jawab warga negara dalam kehidupan sehari-hari? Kita bahas bersama-sama contoh pelaksanaan tanggung jawab yuk! (Freepik)

Bobo.id - Salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah memahami tanggung jawab warga negaraTanggung jawab warga negara ini kita pelajari di kelas 6 tema 6 subtema 3: Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat.

Indonesia adalah negara yang mendukung pemenuhan hak dan kewajiban, maka setiap warga negara memiliki tanggung jawabnya masing-masing.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tanggung jawab adalah keadaan harus menanggung segala sesuatu. Tanggung jawab diartikan sebagai kesadaran seseorang untuk menanggung segala akibat perbuatannya.

Pengertian tanggung jawab kemasyarakatan adalah perwujudan hak dan kewajiban warga negara berdasarkan peraturan pemerintah yang berlaku.

Tujuan pelaksanaan tanggung jawab kemasyarakatan adalah untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Nah, untuk meningkatkan pemahaman tentang tanggung jawab kemasyarakatan, yuk simak beberapa contoh tanggung jawab kemasyarakatan!

25 Tanggung Jawab Warga Negara

1. Memahami nilai-nilai luhur Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Belajar dengan giat sesuai dengan program wajib belajar 12 tahun.

3. Mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar negara.

4. Menjaga nama baik bangsa dan negara di mata dunia.

Baca Juga: Contoh Tanggung Jawab Sosial terhadap Lingkungan Sekitar, Materi Kelas 4 SD

5. Menjaga keutuhan bangsa dengan mengembangkan rasa persatuan dan kesatuan.