Pengertian Reklame dan Macam-macamnya Berdasarkan Tujuan, Sifat, dan Media

By Niken Bestari, Sabtu, 21 Januari 2023 | 10:30 WIB
Apa saja macam-macam reklame berdasarkan tujuan, sifat, dan media? Kita pelajari pengertian reklame berikut ini, yuk! (Freepik)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 tema 6 subtema 3: Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat, kita belajar salah satu jenis media massa, yaitu reklame.

Menurut Gramedia.com, pengertian reklame adalah kegiatan menyampaikan informasi suatu barang atau jasa atau ide untuk menarik perhatian dari banyak orang.

Tujuan reklame adalah orang akan lebih mengenal informasi yang akan disampaikan oleh pihak tertentu sehingga muncul minat untuk mengetahuinya lebih jauh.

Jika informasi yang disampaikan berupa produk perniagaan, maka dapat mempersuasi masyarakat agar bisa membeli dan menggunakan produk atau jasa yang dipasarkan.

Dari segi asal-usul bahasa, reklame berasal dari bahasa Latin, yaitu re clamare, re bermakna “berulang-ulang” dan clamare berarti “teriakan”.

Sehingga reklame bermakna secara bahasa adalah teriakan yang dilakukan secara berulang-ulang.

Macam-Macam Reklame

Setelah pembahasan mengenai pengertian, kita juga akan membahas macam-macam reklame yang Bobo sadur dari Kompas.com.

Macam-macam reklame berdasarkan tujuan, sifat, medianya. Adapun macam-macam reklame yang dimaksud dapat disimak melalui pembahasan di bawah ini.

a. Macam-Macam Reklame Berdasarkan Tujuan

Berdasarkan tujuannya, reklame dibedakan menjadi dua, yakni reklame komersial dan nonkomersial.

Baca Juga: Reklame Embalase: Pengertian, Fungsi, dan Bagian-bagiannya, Materi Kelas 6 SD/MI Tema 4