10 Perwujudan Nilai-Nilai Keterbukaan Sebagai Wujud Dampak Kemajuan Iptek

By Niken Bestari, Selasa, 24 Januari 2023 | 20:00 WIB
Bagaimana perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara? Kita bahas bersama, ya! (Freepik)

Bobo.id - Dalam penyelenggaraan negara, dibutuhkan perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak dari kemajuan Iptek.

Kemajuan Iptek adalah salah satu tanda era globalisasi yang tidak bisa dihindari.

Nah, perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak dari kemajuan Iptek ini kita pelajari di  buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 12 SMA edisi revisi 2018.

Nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan Iptek ini adalah salah satu upaya menyikapi globalisasi.

Kemajuan Iptek sendiri bisa memberikan pengaruh terhadap kehidupan sebuah bangsa, baik berupa pengaruh negatif maupun positif.

Keterbukaan pemerintah negara terhadap kemajuan Iptek harus dibarengi dengan adanya seleksi yang sesuai dengan budaya bangsa Indonesia.

Nilai Keterbukaan Terhadap Kemajuan Iptek

Kemajuan Iptek membuat nilai-nilai keterbukaan, kebebasan, dan demokrasi mendapat pengaruh kuat terhadap pola pikir bangsa Indonesia. 

Selain itu, kemajuan Iptek juga berpengararuh terhadap proses penyelenggaraan negara, yaitu yang berkaitan dengan kinerja pemerintah.

Nilai keterbukaan itu bisa diwujudkan dalam bentuk pemerintahan yang demokratis.

Bentuk nilai-nilai keterbukaan yang dilakukan yaitu dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi masyarakat dalam menentukan kebijakan publik.

Baca Juga: 5 Strategi Hadapi Ancaman Terhadap Sosial Budaya Akibat Kemajuan Iptek dan Indikator Keberhasilannya