4 Contoh Kerja Sama Indonesia dengan ASEAN di Bidang Kesenian Budaya

By Grace Eirin, Rabu, 25 Januari 2023 | 17:30 WIB
Contoh kerja sama Indonesia dengan ASEAN di bidang kesenian. (freepik)

Bobo.id - ASEAN dibentuk dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, serta pengembangan kebudayaan di kawasan tersebut.

ASEAN (Association of South East Asian Nations) merupakan organisasi yang beranggotakan negara-negara Asia Tenggara, berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok.

Jumlah anggota ASEAN ada 10 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. 

Dengan menandatangani Deklarasi Bangkok, 10 negara anggota ASEAN sudah sepakat untuk membangun kerja sama di berbagai bidang. 

Apa saja contoh kerja sama Indonesia ASEAN di bidang kesenian dan budaya? Yuk, cari tahu!

Kerja Sama ASEAN di Bidang Kesenian Budaya

1. Festival Budaya ASEAN

Festival Budaya ASEAN merupakan ajang memperkenalkan kebudayaan kota atau tempat yang digunakan untuk penyelenggaraan festival kepada negara lain. 

Selain itu, festival ini juga ajang memperkenalkan kebudayaan masing-masing negara anggota ASEAN. 

Sedangkan perkemahan serumpun bertujuan menanamkan dan meningkatkan pemahaman penghayatan nilai-nilai budaya bangsa serumpun. 

Adapun lima festival Indonesia yang dipromosikan pada Festival Budaya ASEAN antara lain Pesta Kesenian Bali, Festival Budaya Asmat Papua, Festival Danau Toba, Festival Cap Go Meh Singkawang, dan Jember Fashion Carnaval.

Baca Juga: 4 Contoh Hubungan Internasional Regional Indonesia dan Penjelasannya