Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 6, Manfaat Minyak Bumi untuk Kehidupan

By Grace Eirin, Kamis, 26 Januari 2023 | 11:00 WIB
Manfaat minyak bumi bagi kehidupan masyarakat. (Zukiman Mohamad/pexels)

Bobo.id - Termasuk ke dalam kelompok bahan bakar fosil, minyak bumi mentah terbentuk dari cairan berwarna hitam yang mengandung karbon dan hidrogen. 

Menurut National Geographic, cairan hitam tersebut sebagian besar berasal dari zaman Mesozoikum, atau sekitar 66 juta tahun yang lalu. 

Proses pembentukan minyak bumi berasal dari alga, plankton, dan makhluk hidup lainnya yang terbawa ke laut dan akhirnya tenggelam.

Sisa-sisa organisme hidup tersebut kemudian menumpuk di dasar laut purba, terkubur, dan membentuk sedimen organik.

Dilansir dari esdm.go.id, bakteri akan mengurai setiap zat yang ada pada sedimen organik di lautan menjadi material yang kaya dengan karbon dan hidrogen.

Selanjutnya, temperatur dan tekanan yang tinggi mengakibatkan batuan sedimen tersebut mendestilasi atau menyuling sisa bahan organik dan mengubahnya menjadi minyak bumi.

Setelah teman-teman memahami proses terbentuknya minyak bumi, kita akan mencari tahu manfaatnya. 

Pada pelajaran tematik kelas 4 SD tema 6, kita akan belajar mencari manfaat minyak bumi untuk kehidupan masyarakat. Yuk, simak jawaban lengkapnya dari penjelasan di bawah ini!

Manfaat Minyak Bumi

1. Bahan bakar kendaraan

Bahan bakar minyak merupakan merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi manusia setiap harinya untuk menyalakan kendaraan atau alat transportasinya. 

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 6, Apa Manfaat Besi untuk Kehidupan?