Contoh Produk yang Dihasilkan dan Diekspor oleh Tiap Negara di ASEAN

By Niken Bestari, Selasa, 31 Januari 2023 | 19:30 WIB
Apa saja contoh produk yang dihasilkan dan diekspor oleh tiap negara ASEAN? Yuk, kita ketahui contoh produknya! (Nameera via Canva)

Bobo.id - Pada pelajaran kelas 6 tema 7 subtema 1, kita belajar mengenai kegiatan ekspor negara ASEAN.

Kita akan menemukan pertanyaan apa produk yang dihasilkan dan diekspor oleh tiap negara anggota ASEAN? dan Ke negara mana produk itu diekspor?

Setiap negara anggota ASEAN melakukan kegiatan ekspor dalam perdagangan internasional.

Kegiatan ekspor dilakukan untuk memperluas kegiatan usaha dalam negeri, menambah devisa negara hingga mempertahankan harga produk dalam negeri.

Mengetahui ekspor negara ASEAN bisa membantu kita mengidentifikasi kesejahteraan bidang ekonomi di ASEAN.

Kita sudah belajar bahwa ASEAN atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Association of Southeast Asian Nations) adalah organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN didirikan di Bangkok, Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Perbara oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Saat ini, negara-negara anggota ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar, Brunei Darussalam, Vietnam, dan Timor Leste.

Salah satu tujuan ASEAN bahu membahu meningkatkan kesejahteraan rakyat, salah satunya dengan mengadakan perdagangan internasional dengan sesama anggota ASEAN.

Apa saja produk yang dihasilkan dan diekspor oleh tiap negara ASEAN? Kita simak berikut ini, ya!

Produk yang Dihasilkan dan Diekspor Tiap Negara ASEAN

Baca Juga: Sudah Dibuka, Ini Link PO Majalah Bobo Edisi Koleksi Terbatas Cergam Terbaik Keluarga Bobo