15 Upaya Ikut Membantu Lingkungan Menerapkan Nilai-Nilai Ketuhanan dan Kemanusiaan

By Niken Bestari, Jumat, 3 Februari 2023 | 09:04 WIB
Upaya ikut membantu lingkunganmu menerapkan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan? (Freepik)

Bobo.id - Upaya ikut membantu lingkunganmu menerapkan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan adalah kewajiban setiap warga negara.

Pada pelajaran kelas 6 tema 7 subtema 1, kita belajar penerapan nilai-nilai luhur Pancasila dari sila pertama dan kedua.

Pada subtema 1: Pemimpin di Sekitarku, kita banyak belajar sikap terpuji yang mencerminkan nilai-nilai ketuhanan dan nilai-nilai kemanusiaan.

Menerapkan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan di lingkungan kita membuat lingkungan sekitar menjadi lebih damai, sejahtera, dan tentram.

Sila pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa" berfungsi memberi pandangan bahwa sebagai warga negara terdapat nilai untuk mempercayai dan bertakwa kepada Tuhan sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

Sedangkan sila kedua "Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab" membuktikan bahwa negara Indonesia sangat menghargai manusia dan memperlakukan manusia secara adil dan juga beradab.

Nah, untuk membantu lingkunganmu menerapkan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Yuk, kita bahas bersama di bawah ini!

Contoh Membantu Lingkungan Menerapkan Nilai Ketuhanan dan Kemanusiaan

1. Berbuat baik pada sesama tanpa pandang bulu.

2. Gotong royong mendirikan atau membersihkan tempat ibadah, meski agamanya berbeda.

Baca Juga: 15 Contoh Penerapan Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Kehidupan Sehari-hari, Kelas 6 Tema 7 Subtema 1