Tidak Boleh Disepelekan, Inilah 5 Hewan yang Punya Pendengaran Terbaik

By Grace Eirin, Selasa, 7 Februari 2023 | 15:00 WIB
Kelelawar merupakan salah satu hewan yang punya indra pendengaran terbaik. (Geoff Brooks/Unsplash)

Bobo.id - Manusia dan hewan merupakan contoh makhluk hidup yang mempunyai indra pendengaran untuk membantu mereka bertahan hidup. 

Indra pendengaran manusia dinamakan telinga, yang fungsinya untuk mendengar suara atau mendeteksi getaran dan gelombang suara. 

Meski manusia merupakan makhluk hidup dengan otak sempurna, kemampuan mendengar yang paling baik hanyalah dimiliki hewan. 

Kali ini Bobo akan mengajak teman-teman mengenal jenis-jenis hewan yang punya kemampuan mendengar terbaik di dunia. Siapa saja mereka? Yuk, simak!

1. Kelelawar

Bukan rahasia lagi, kelelawar merupakan hewan yang dikenal sebagai hewan dengan pendengaran terbaik dari semua mamalia darat. 

Mereka bertahan hidup di alam liar dengan memanfaatkan kemampuan terbang dan pendengaran yang luar biasa. 

Kemampuan mendengar yang dimiliki kelelawar disebut ekolokasi, yang berfungsi untuk mendeteksi mangsa atau makanannya pada saat terbang. 

Mereka bisa mengeluarkan suara bernada sangat tinggi saat terbang. Ketika suara ini mengenai suatu objek, maka suara akan dipantulkan kembali ke mereka.

Dengan cara inilah, kelelawar mengetahui di mana letak objek yang memantulkan suaranya. 

Tidak selalu sama pada semua jenis kelelawar, namun rata-rata spesies kelelawar dapat mendeteksi suara dengan frekuensi di antara 1 sampai 200 kHz. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Seputar Kerang Tiram, Ternyata Tidak Semua Menghasilkan Mutiara