6 Contoh Bentuk Kolaborasi Budaya di Indonesia serta Manfaatnya

By Niken Bestari, Selasa, 7 Februari 2023 | 16:30 WIB
Apa saja bentuk kolaborasi budaya di Indonesia? Kita diskusikan bentuk-bentuk kolaborasi budaya Indonesia berdasarkan artikel ini, yuk! (Freepik)

Bobo.id - Apa saja bentuk kolaborasi budaya di Indonesia? Mengetahui bentuk kolaborasi budaya di Indonesia ini merupakan salah satu materi PPKn kelas 10 dan 11 yang penting dipahami.

Kolaborasi budaya ini tercipta dari keberagaman budaya di Indonesia. Keberagaman budaya Indonesia yang saling melengkapi dan memiliki keunikan masing-masing.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, pengertian kolaborasi adalah bentuk kerja sama. Jadi, pengertian kolaborasi adalah kerja sama untuk membuat sesuatu.

Kolaborasi budaya merupakan sebuah proses kerja sama antar masyarakat yang punya kebudayaan berbeda untuk mencapai tujuan bersama.

Jadi, kolaborasi budaya adalah wadah untuk menyatukan keberagaman budaya. Apa saja contoh bentuk kolaborasi di Indonesia?

Bentuk Kolaborasi Budaya di Indonesia

1. Pentas Seni Budaya

Pentas seni budaya adalah salah satu bentuk kolaborasi budaya yang dilakukan di Indonesia. Pentas seni budaya bisa menampilkan beberapa kebudayaan yang ada di masyarakat.

Misalnya seperti pertunjukkan gamelan, musik keroncong, dan tarian tradisional, serta kesenian lainnya.

2. Pameran Seni Budaya

Pameran seni budaya juga termasuk bentuk kolaborasi budaya di tengah masyarakat.

Baca Juga: Sudah Dibuka, Ini Link PO Majalah Bobo Edisi Koleksi Terbatas Cergam Terbaik Keluarga Bobo