Hanya Bisa Dilakukan Hewan, Begini Cara Unik Hewan Manfaatkan Listrik di Tubuhnya

By Grace Eirin, Jumat, 10 Februari 2023 | 20:00 WIB
Sebagian hewan dapat memanfaatkan medan listrik di dalam tubuhnya secara unik. (Maksim Shutov/Unsplash)

Bobo.id - Teman-teman, tahukah kamu bahwa di dalam tubuh manusia terdapat medan listrik

Faktanya, di dalam tubuh manusia terdapat aliran listrik yang fungsinya mengatur beragam fungsi organ tubuh, mulai dari jantung sampai otak. 

Bahkan di otak kita ada sebanyak 100.000.000.000 atau 100 miliar neuron atau sel saraf, lo, teman-teman. 

Menurut National Geographic Kids, sinyal saraf manusia bersifat elektrik, atau bermuatan listrik. Bagaimana cara kerjanya? 

Saraf menghasilkan zat kimia khusus yang dapat mengalir menyeberangi celah ke sel selanjutnya. Di seberang, muatan listrik baru bergerak ke saraf selanjutnya.

Pesan-pesan ini terus melompat dari neuron satu ke neuron yang lain dalam rantai sinyal elektrik-kimia-elektrik, hingga sampai kepada tujuannya.

Bukan hanya manusia, hewan juga punya medan listrik di dalam tubuhnya. Hebatnya, hewan lebih pandai memanfaatkan listrik di dalam tubuhnya daripada manusia. 

Sebagian hewan telah menggunakan medan listrik untuk mengembangkan kemampuan bertahan hidup, berkomunikasi, dan menemukan makanan. 

Nah, kali ini Bobo akan mengajak teman-teman mengenal cara unik para hewan dalam memanfaatkan medan listrik di dalam tubuhnya. Yuk, simak!

Alat Indra

Dilansir dari National Geographic, sebagian besar hewan yang hidup di ekosistem air tawar dapat menggunakan listrik untuk membantu mereka melihat di air keruh.

Baca Juga: Ada Kapal Karam Jerman, Ini 6 Fakta Unik Pulau Bunaken