Macam-Macam Sumber Daya Unggulan Tiap Anggota ASEAN, Hayati dan Non Hayati

By Grace Eirin, Minggu, 12 Februari 2023 | 07:00 WIB
Cari tahu macam-macam sumber daya unggulan tiap negara anggota ASEAN dari artikel ini, yuk! (Piotr Arnoldes/pexels)

Bobo.id - Sepuluh negara anggota ASEAN mempunyai sumber daya alam unggulan yang menguntungkan untuk negara-negara tersebut. 

Tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan penduduknya, sumber daya unggulan negara-negara ASEAN juga dimanfaatkan untuk kegiatan ekspor-impor. 

Kegiatan ekspor dan impor ini penting dilakukan tiap negara ASEAN untuk menjalin kerja sama internasional, memenuhi kebutuhan, dan membantu negara lain. 

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) berdiri pada 8 Agustus 1967 dengan tujuan mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara. 

Salah satu upaya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat ASEAN adalah dengan melakukan ekspor-impor sumber daya unggulan. 

Kali ini, Bobo akan mengajak teman-teman untuk mengenal contoh sumber daya unggulan tiap negara ASEAN, baik dalam bentuk hayati maupun non hayati. Yuk, simak!

Sumber Daya Unggulan Tiap Anggota ASEAN

1. Indonesia

Di Indonesia, hasil pertanian merupakan salah satu komoditas ekspor yang dikenal luas oleh bangsa-bangsa asing.

Selain pertanian, Indonesia juga unggul dalam produk perkebunan seperti kopi, kelapa sawit, kakao, dan karet.

Sementara itu, dalam bentuk sumber daya alam non hayati, Indonesia memiliki keunggulan bahan tambang berupa minyak bumi, gas alam, emas, timah, dan tembaga. 

Baca Juga: 8 Manfaat Kerja Sama Negara ASEAN di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi