Coba Gratis Belajar Matematika yang Mudah dan Seru buat Anak

By ADV PI, Selasa, 14 Februari 2023 | 17:00 WIB
Kelas Coba Gratis dari Kumon untuk anak belajar matematika dengan metode yang mudah dan menyenangkan. (Dok. Kumon)

Bobo.id - Sejak awal masuk sekolah, anak sudah diperkenalkan dengan pelajaran matematika. Bahkan, mereka telah mengenal angka-angka dan perhitungan sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya, apa sih matematika itu? Apa ya manfaat belajar matematika untuk anak-anak?

Matematika adalah bidang ilmu yang berasal dari bahasa Yunani Kuno, máthēma, yang berarti "pengetahuan, pemikiran, pengkajian, pembelajaran".

Bidang ilmu ini mencakup studi tentang beragam topik, seperti bilangan (aritmetika dan teori bilangan), rumus dan struktur terkait (aljabar), bangun dan ruang tempat mereka berada (geometri), hingga besaran serta perubahannya (kalkulus dan analisis).

Nantinya, anak dapat mengaplikasikan matematika pada profesi dalam bidang ilmu lain yang akan ditekuninya di masa depan, lho, seperti ilmu alamrekayasakedokterankeuanganilmu komputer, dan ilmu sosial.

Sebagai contoh, jika anak ingin menjadi dokter, ia harus mahir menghitung dosis obat yang tepat untuk pasien. Jika ia bercita-cita jadi pebisnis, ia harus bisa menghitung besarnya laba dan  pengeluaran agar tidak rugi.

Begitu pun jika anak ingin jadi arsitek, ia tentu harus mahir merancang bangunan yang indah dan simetris dengan rumus yang tepat.

Baca juga: Sejarah Penggunaan Sempoa, Ternyata Sudah Ada Sejak Tahun 2.400 Sebelum Masehi!

Ternyata, belajar matematika itu penting banget untuk anak ya! Eh, tapi bagaimana ya jika anak takut dengan matematika atau sering kesusahan memahami penjelasan guru di sekolah? Apalagi, masih banyak guru yang cuma berfokus pada konten dan penyelesaian materi.

Makanya, tidak heran jika banyak orangtua yang rela membayar mahal untuk kursus matematika anak demi mendapatkan nilai yang memuaskan di sekolah.

Mengenal metode belajar ala Kumon

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua adalah mengenalkan anak dengan metode belajar yang mudah dan menyenangkan. Selain itu, otak anak pada usia dini sangat mudah menyerap pengetahuan baru.