Mengapa Burung Flamingo Suka Berdiri dengan Satu Kaki? Ternyata Ini Sebabnya

By Fransiska Viola Gina, Rabu, 15 Februari 2023 | 16:00 WIB
Burung flamingo hanya berdiri dengan satu kakinya. (Pexels/zoonsnow)

Bobo.id - Ketika sedang berjalan-jalan di kebun binatang, maka tak jarang kita melihat binatang unik dengan bulu warna merah muda.

Yap! Binatang dengan warna tubuh yang unik itu adalah flamingo. 

Nama flamingo sendiri berasal dari bahasa latin 'flamenco' yang berarti api. Ini diberikan karena bulu flamingo berwarna pink terang.

Selain warna bulunya yang unik, flamingo juga identik dengan leher panjangnya dan memiliki kaki kurus yang panjang. 

Oleh karena itu, hewan ini akan terlihat begitu jenjang dan menarik perhatian kita ketika sedang berkunjung ke kebun binatang. 

Jenis burung ini bisa tumbuh dengan tinggi mencapai empat atau lima kaki yang sama dengan 121-151 sentimeter, teman-teman. 

Meski begitu, berat hewan ini cukup ringan, hanya sekitar 1,8 hingga 3,6 kilogram saja. Berat itu memungkinkan flamingo untuk berdiri dengan satu kaki. 

Lalu, apa sebabnya flamingo sering berdiri dengan satu kaki, ya? Untuk mengetahui jawabannya, simak fakta menarik flamingo berikut ini, yuk!

Flamingo Berdiri dengan Satu Kaki

Berdiri dengan satu kaki merupakan salah satu ciri khas burung flamingo yang cukup populer. Ini dilakukannya saat berada di air. 

Yap! Baik bangun maupun tidur, burung ini sering kali kita lihat hanya memakai satu kaki dan menyembunyikan kaki yang satu lagi.

Baca Juga: Unik! 5 Hewan Jantan Ini Berikan Kasih Sayang Pada Anak Layaknya Seekor Betina