Bersikap Manja, Mengapa Kucing Suka Duduk di Atas Pangkuan Kita?

By Grace Eirin, Kamis, 16 Februari 2023 | 20:00 WIB
Kucing suka duduk di pangkuan pemiliknya karena beberapa alasan. (Carolina Sánchez/Unsplash)

Bobo.id - Siapa di antara teman-teman yang memelihara kucing manja dengan tingkah yang lucu? 

Pada dasarnya, sebagai hewan peliharaan, kucing memang suka bersikap manja pada manusia, terutama manusia yang selalu merawat mereka. 

Perilaku kucing yang manja ini dapat ditunjukkan dengan cara sering menempelkan tubuhnya ke kaki pemiliknya, mengikuti pemiliknya, bahkan juga duduk di pangkuan kita. 

Apakah teman-teman pernah diperlakukan seperti itu oleh kucing? Jangan khawatir, bahasa tubuh tersebut merupakan tanda kasih sayang kucing untuk kita, kok

Nah, kali ini Bobo akan mengajak teman-teman mencari tahu, apa penyebab kucing suka duduk di pangkuan kita? Yuk, simak!

Alasan Kucing Duduk di Pangkuan Kita

1. Tubuh Kita Hangat

Dilansir dari catster.com, alasan pertama kucing suka duduk di pangkuan kita adalah karena tubuh kita memberikan kehangatan untuk kucing. 

Marilyn Krieger, seorang Konsultan Perilaku Kucing Bersertifikat dari California menjelaskan, tubuh manusia yang hangat telah menyebabkan kucing merasa nyaman. 

Menurut Science Focus, suhu kulit manusia secara umum berada di sekitar 34 derajat Celsius, namun lebih dingin di area tangan dan kaki. 

Nah, ketika kucing duduk di pangkuan kita, maka kucing akan merasakan kehangatan dari bagian perut dan paha kita. Pada kondisi inilah, kucing merasa nyaman. 

Baca Juga: 6 Fakta Unik Kucing Sphynx, Bukan dari Mesir dan Termasuk Hewan Cerdas