Jangan Lagi Disepelekan, Ini Manfaat Air Bagi Kehidupan di Bumi

By Reporter Bobo.id, Sabtu, 25 Februari 2023 | 18:30 WIB
Air sangat bermanfaat bagi kehidupan semua makhluk hidup di Bumi (pixabay/rony michaud)

Bobo.id - Apa teman-teman tahu jika hampir semua kegiatan kita membutuhkan air? Apa teman-teman pernah membayangkan jika tidak ada air?

Semua makhluk hidup di Bumi pasti membutuhkan air. 

Air sangat bermanfaat bagi kehidupan yang ada di Bumi. Manusia, hewan dan tumbuhan sangat membutuhkan air untuk keberlangsungan hidupnya.

Semua makhluk hidup memanfaatkan air, meskipun kebutuhannya berbeda-beda. Namun, pada dasarnya manfaat air adalah untuk keberlangsungan kehidupan di Bumi.

Kekurangan air dapat memberikan efek serius pada pertumbuhan makhluk hidup.

Tumbuhan membutuhkan air untuk proses fotosintesis, hewan membutuhkan air untuk minum dan mandi, dan manusia membutuhkan air di hampir semua kegiatannya.

Air adalah senyawa bermanfaat bagi kehidupan di Bumi yang berbentuk cair. Air memiliki karakteristik tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau.

Manfaat Air Bagi Manusia

Manfaat air bagi manusia adalah untuk memasak, makan dan minum, memenuhi kebutuhan perkebunan, transportasi dan perdagangan.

Manusia juga membutuhkan air supaya organ di tubuhnya dapat berfungsi dengan baik.

Manfaat air bagi tubuh manusia adalah sebagai pelumas sendi, melarutkan zat gizi dan pengirim oksigen, memengaruhi kinerja otak, mengatur suhu tubuh, dan melancarkan percernaan.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 6, Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Air