Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 7, Apa Penyebab Terjadinya Keragaman Ekonomi di Indonesia?

By Grace Eirin, Senin, 20 Februari 2023 | 10:30 WIB
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya keragaman ekonomi. (Freepik)

Bobo.id - Pada artikel sebelumnya, teman-teman telah belajar mengenal apa itu keragaman ekonomi. Masihkah kamu mengingatnya? 

Keragaman ekonomi juga dapat diterjemahkan sebagai berbagai macam cara yang digunakan manusia untuk melakukan kegiatan ekonomi, guna memenuhi kebutuhan hidup. 

Dengan adanya keragaman ekonomi ini, ada berbagai macam profesi dan mata pencaharian yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya. 

Contoh keragaman ekonomi berupa profesi antara lain koki, guru, petani, arsitek, ilmuwan, seniman, dokter, jurnalis, pemadam kebakaran, dan sebagainya. 

Pada pelajaran tematik kelas 4 SD tema 7, kita akan belajar mencari faktor penyebab terjadinya keragaman ekonomi di Indonesia.

Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini!

Penyebab Terjadinya Keragaman Ekonomi di Indonesia

1. Kondisi geografis suatu wilayah

Jika teman-teman masih ingat, kita pernah mempelajari hubungan antara kondisi geografis tempat tinggal dengan keragaman profesi pada pelajaran tematik kelas 4 SD tema 2. 

Jenis pekerjaan atau kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat di wilayah pantai akan berbeda dengan masyarakat di wilayah dataran tinggi. 

Sebab, kondisi geografis memengaruhi ketersediaan sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia. 

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 7, Apa yang Dimaksud Keragaman Ekonomi?