Benarkah Tikus Suka Makan Keju Seperti dalam Film? Ini Penjelasannya

By Fransiska Viola Gina, Rabu, 22 Februari 2023 | 18:00 WIB
Apakah tikus benar-benar suka makan keju? (PIXABAY/Mohamed_Hassan)

Bobo.id - Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang suka berkeliaran di dalam rumah dan bersembunyi di celah kecilnya. 

Ketika tikus sudah bersarang di rumah, kita perlu hati-hati karena mereka bisa membawa virus atau bakteri yang dapat tersebar di seluruh area. 

Sebagai hewan pengerat, tikus bisa menyebarkan penyakit dari kotoran, urine, air liur, kutu, dan tungau yang dimilikinya.

Oleh karena itu, manusia umumnya akan mengusir keberadaan tikus dari rumah untuk kebaikan seluruh penghuni rumah. 

Untuk mengusirnya, beberapa orang kerap menggunakan keju sebagai umpan tikus. Yap! Keju memang dikenal sebagai makanan kesukaan kucing. 

Ini tergambar dalam film anak-anak berjudul 'Tom and Jerry'. Tak hanya itu, ada juga restoran dengan menu serba keju yang menggunakan tikus sebagai maskot.

Namun, benarkah tikus suka makan keju? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Ada Beragam Jenis Tikus

Sebagai orang awam, kita hanya mengetahui kalau spesies tikus hanya satu. Padahal, tikus memiliki beberapa spesies yang berbeda.

Setiap spesies tikus terbiasa dengan habitatnya sendiri. Misalnya, tikus Mus Indutus di Afrika bagian selatan dan tikus Mus Spicilegus di Eropa Timur. 

Meskipun banyak jenisnya, spesies tikus yang paling terkenal tetaplah tikus rumah atau Mus Musculus. Yap! Mereka akan tinggal di dalam rumah. 

Baca Juga: Sering Keluar saat Semua Orang Tertidur, Apakah Tikus Hewan Nokturnal?