Perbedaan Report Text dan Descriptive Text Beserta Contohnya

By Niken Bestari, Selasa, 28 Februari 2023 | 19:00 WIB
Apa perbedaan report text dan descriptive text dalam bahasa Inggris? Yuk, kita belajar perbedaan antara report dan descriptive text! (Freepik)

Bobo.id - Saat mempelajari report text bahasa Inggris, banyak di antara kita yang bingung dalam membedakan report text dan descriptive text.

Apakah teman-teman juga mengalami hal demikian?

Report text sekilas mirip dengan descriptive text, karena report text bertujuan untuk memberikan informasi atau laporan mengenai suatu kejadian, fenomena, atau objek yang telah diamati, dikumpulkan data, dan dianalisis.

Selain itu, report text biasanya disusun secara objektif dan berdasarkan fakta, dengan tujuan untuk memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi pembaca atau audiens.

Sedangkan descriptive text memberikan gambaran lebih menjurus (spesifik) mengenai informasi suatu objek.

Perbedaan Report Text dan Descriptive Text

Dilansir dari Grammarly.com dan Gramedia.com, perbedaan utama antara report text dan descriptive text adalah tujuan dan cakupan bahasan dalam teksnya.

Report text ditulis dengan tujuan memberikan informasi yang akurat, objektif, dan faktual mengenai suatu topik atau kejadian, yang biasanya didasarkan pada data atau hasil penelitian.

Selain itu, cakupan dari report text juga lebih luas, karena meliputi berbagai aspek dan faktor yang terkait dengan topik yang dibahas.

Sementara itu, descriptive text ditulis dengan tujuan menggambarkan atau menjelaskan secara detail tentang suatu objek atau fenomena.

Cakupan dari descriptive text lebih spesifik dan terfokus pada deskripsi detail tentang objek atau fenomena yang menjadi subjek pembicaraan.

Baca Juga: News Item Text: Penjelasan, Struktur, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh