Cari Jawaban Kelas 5 SD, Bagaimana Riwayat Pendidikan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta?

By Fransiska Viola Gina, Rabu, 1 Maret 2023 | 09:30 WIB
Tokoh proklamator: Ir. Soekarno dan Moh. Hatta. (Wikimedia Commons/Presdential Library)

Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD/MI tema 7, kita akan diajak untuk membaca teks berjudul 'Proklamator' di halaman 97-98.

Seperti sudah kita pelajari sebelumnya, seluruh rakyat Indonesia menyambut dengan suka cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

Peristiwa-peristiwa heroik pun terjadi di berbagai daerah. Pembacaan teks Proklamasi memicu semangat pejuang-pejuang bangsa mengusir penjajah.

Dalam peristiwa pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ada dua tokoh penting yang mewakili seluruh rakyat Indonesia. 

Ada Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta. Kedua tokoh yang membacakan Proklamasi Kemerdekaan ini dikenal sebagai Proklamator. 

Mereka membaca Proklamasi sebagai wakil bangsa Indonesia. Ini disebutkan dalam bagian akhir teks Proklamasi, "Atas nama bangsa Indonesia Soekarno/Hatta".

Untuk lebih mengenal kedua tokoh yang sangat berjasa bagi kemerdekaan Indonesia ini, bacalah dengan seksama teks berjudul 'Proklamator'.

Ayo Menulis!

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan menggunakan prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

1. Nama Tokoh: Ir. Soekarno

Kapan dan di manakah beliau dilahirkan?

Baca Juga: Apa Saja Peristiwa yang Menandai Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia?