Kapan Waktu Belajar Terbaik untuk Memaksimalkan Fungsi Otak? Ini Penjelasannya

By Fransiska Viola Gina, Rabu, 1 Maret 2023 | 17:00 WIB
Kapan waktu terbaik untuk belajar? (freepik)

Bobo.id - Sebagai pelajar, kita memiliki kewajiban untuk belajar. Tahukah kamu kapan waktu belajar yang terbaik untuk otak?

Belum lama ini, masyarakat di media sosial tengah membicarakan kebijakan siswa masuk sekolah jam 5 pagi di Nusa Tenggara Timur.

Kebijakan waktu masuk sekolah yang diajukan oleh Pemprov Nusa Tenggara Timur ini berlaku bagi peserta didik setingkat SMA. 

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui fakta terkait waktu terbaik untuk belajar demi memaksimalkan fungsi otak kita.

Banyak dari antara kita yang lebih suka belajar pagi hari saat di sekolah, ada juga yang lebih suka belajar di malam hari. 

Belajar di waktu yang baik bisa membuat materi terserap dengan maksimal. Lalu, kapan waktu terbaik untuk belajar, Bo? Cari tahu bersama, yuk!

1. Pagi Hari

Mayoritas sekolah di Indonesia banyak memberlakukan jam tujuh pagi sebagai jam masuk sekolah. Ini tentu bukan tanpa alasan.

Ternyata, pukul 07.00-09.00 adalah waktu terbaik untuk belajar di pagi hari. Otak kita cenderung masih fresh atau segar. 

Hal ini juga dipengaruhi oleh adanya cahaya matahari kuning muda yang masuk lewat jendela serta udara yang masih segar. 

Untuk itu, ketika ada pelajaran di rentang jam ini, sangat disarankan untuk fokus memerhatikan pelajaran yang sedang dijelaskan oleh guru. 

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele! 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Ganggu Kinerja Otak, Masih Sering Lakukan?