Penjelasan 7 Unsur Kebudayaan Beserta Contohnya, Materi Kelas 5 SD Tema 7

By Fransiska Viola Gina, Kamis, 2 Maret 2023 | 09:00 WIB
Penjelasan unsur-unsur budaya dan contohnya. (freepik)

Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD/MI tema 7, kita akan belajar bersama tentang berbagai macam unsur budaya, teman-teman.

Sebelumnya, kita sudah belajar tentang berbagai peristiwa dalam usaha pembentukan Negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Peristiwa-peristiwa itu menunjukkan arti pentingnya persatuan dan kesatuan. Apalagi di negara Indonesia yang kaya akan keragaman dan perbedaan ini.

Meski begitu, perbedaan ras, suku, golongan, agama, dan budaya yang hidup beriringan justru menjadikan Indonesia bangsa yang besar. 

Perbedaan yang ada perlu dijaga. Satu di antara perbedaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah suku bangsa dan budaya. 

Sebagai bangsa yang terdiri atas beraneka ragam suku bangsa, kita harus bangga karena suku-suku yang ada mempunyai budaya yang beragam. 

Oleh karena itu di materi kelas 5 SD/MI, kita akan belajar terkait unsur-unsur budaya. Apa saja? Kita cari tahu bersama, yuk!

1. Religi/Kepercayaan

Sistem religi disebut juga kepercayaan. Manusia percaya terhadap sesuatu yang lebih tinggi darinya atau Penciptanya, misalnya agama.

Di Indonesia, diakui adanya enam agama resmi. Mulai dari Hindu, Buddha, Islam, Katolik, Kristen, dan juga Konghucu.

Sistem religi akan menimbulkan kebudayaan seperti tempat ibadah, waktu upacara keagamaan, alat untuk upacara atau pemimpin acara keagamaan.

Baca Juga: Mengenal Pemajuan Kebudayaan, Ini 10 Unsur Budaya yang Jadi Fokus Utama