5 Dampak Buruk Terjebak Macet Bagi Kesehatan, Salah Satunya Gangguan Pernapasan

By Fransiska Viola Gina, Kamis, 2 Maret 2023 | 15:00 WIB
Dampak buruk terjebak macet bagi kesehatan. (PIXABAY/12019)

Bobo.id - Kemacetan adalah sesuatu yang sudah tidak asing lagi dialami oleh teman-teman yang tinggal di kota-kota besar. 

Salah satu kemacetan yang baru-baru ini terjadi di Kota Jambi. Tak tanggung-tanggung, kemacetan di sana berlangsung selama 22 jam!

Jalan sepanjang 15 kilometer diketahui sudah dipadati sejak pukul 10.00 (28/2) hingga pukul 08.00 (1/3). Lama banget, ya. 

Dilansir dari Kompas.com, kemacetan ini karena ada ribuan truk pengangkut batubara yang bergerak serentak pada malam hari.

Terjebak macet seperti ini tentu sangat merugikan. Sebab, ini artinya waktu jadi terbuang sia-sia. Selain itu, suasana hati jadi berantakan.

Tak hanya bisa bikin suasana hati menjadi buruk, terjebak macet terus-menerus ternyata bisa menimbulkan masalah serius, lo. 

Apa saja? Cari tahu bersama, yuk!

1. Meningkatkan Tekanan Darah

Teman-teman tentu sudah sering mendengar pernyataan tentang macet, seperti kalimat 'macet itu bikin darah tinggi'.

Tak hanya sekadar keluhan, ternyata hal ini dibuktikan dalam Journal of Clinical Hypertension yang diterbitkan tahun 2017, lo.

Dalam penelitian itu, kemacetan lalu lintas disebut berdampak pada peningkatan tekanan darah sistolik dan diastolik, teman-teman. 

Baca Juga: Meski Sedang dalam Perjalanan, Jangan Sampai Tahan Buang Air Kecil, Ini Bahayanya